Tips Mengendalikan Hasrat Makan yang Berlebihan

  • Whatsapp
Mau sukses diet? Berikut ini tips mengendalikan hasrat makan yang berlebihan
Ilustrasi (Sumber gambar: pixabay.com)

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Termasuk berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang pada akhirnya bisa mengakibatkan kenaikan berat badan. Apalagi jika kebiasaan tersebut tanpa disertai banyak aktifitas dan olahraga. Maka kemungkinan mengalami obesitas sangat tinggi, tentu dikemudian hari akan menimbulkan masalah kesehatan jika ini dijadikan kebiasaan.

Nah sekarang, buat kalian yang sudah sadar pentingnya hidup sehat tetapi punya kebiasaan makan banyak lalu ingin merubah kebiasaan tersebut, simak tips-tips berikut ini

1.Memahami aturan makan dalam Islam

Pahamilah bahwa agama kita agama yang sempurna. Semua lini kehidupan manusia diatur sedemikian rup ,dari hal kecil sampai hal besar. Termasuk dalam hal makanan. Maka sebelum kita makan niatkanlah bahwa kita makan agar tubuh kita kuat, sehingga kita dapat beribadah dengan baik. Karena tujuan dari penciptaan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah. Sebagaimana firman Allah yang artinya:

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah” (Adz-Dzariaat: 56)

Agama kita sudah memberikan kaidah tentang makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dan apa yang dilarang. Agama juga mengatur tentang berapa kadar makanan yang boleh masuk kedalam tubuh kita.

Kaidah umum takaran dalam makan dan minum disebutkan dalam alquran:

“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.”(Al-A’raf: 31)

Begitu pula Nabi SAW memberikan petunjuk agar kita mencegah “over dosis” dan makan secara berlebihan sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan. Beliau saw memberikan formula khusus yang harus diperhatikan dalam soal makan dan minum: “Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihkannya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga lagi untuk bernafas”

Arti dari ‘Cukuplah bagi anak Adam’ yakni dia cukup makan makanan yang memadai baginya. Arti “tulang punggungnya’ yakni agar punggungnya berdiri tegak. Itu diqiyaskan kepada seluruh tubuhnya . Karena punggung menjadi pilar kekuatan tubuh.

Kelebihan makan itu ditandai dengan kekeyangan. Agama melarang kita selalu dalam kondisi kekeyangan. Karena saat kekeyangan badan kita akan merasa berat dan malas. Sebagaimana perkata Imam Asy syafi’i: “Kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, membuat sering tidur dan lemah untuk beribadah.”

Maka saat itu terjadi (malas beribadah) berarti kita sudah keluar dari tujuan dari penciptaan kita.

Jadi makanlah untuk hidup, bukan hidup untuk makan. Saat seseorang memahami konsep ini. Maka ini akan menjadi mindset yang cukup ampuh untuk membatasi diri agar makan secukupnya.

2.Bedakan rasa lapar dan hasrat lapar

Pernah nggak sih atau sering nggak sih rasanya pengen makan saja padahal baru saja makan. Nah kalau pernah merasakan hal demikian maka saat kita hendak makanan, hendaknya kita berfikir sejenak, tanyakan pada hati kecil kita “Apakah ini lapar atau sekedar hasrat saja?”

Yuk bedain antara rasa lapar dan hasrat lapar. Rasa lapar itu alamiah terjadi karena tubuh mengirim sinyal ke otak, bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu perut yang kosong, gula darah kita menurun dan hormon ghrelin meningkat.

Sedangkan hasrat lapar terjadi karena faktor eksternal tubuh yang mempengaruhi. Seperti mencium aroma makanan, melihat makanan baik digambar atau nyata di depan mata, atau bisa datang dari pikiran yakni membayangkan makanan.

Jika kita tidak bisa membedakan antara rasa lapar dengan hasrat lapar maka cukup bagi kita dengan minum 1 gelas air. Jika dalam waktu 20 menit perasaan lapar tidak hilang kemungkinan kamu memang lapar

3.Minum air putih yang banyak

Yakin kamu sudah memenuhi kebutuhan cairanmu hari ini? Kalo kamu merasa lapar terus coba cek apakah kebutuhan cairan kamu terpenuhi. Dehidrasi juga bisa menimbulkan syndrom lapar palsu. Artinya sebetulnya kamu hanya kekurangan cairan saja, bukan ingin makan, dan tahukah kalian bahwa dengan minum akan meregangkan permukaan lambung, jika permukaan lambungmu meregang, maka otak akan mengirim sinyal bahwa kamu dalam keadaan keyang, yang artinya kamu bisa menunda makan. Jadi perhatikan asupan cairanmu ya.

4.Gunakan piring kecil

Menyimpan makanan dalam piring kecil ini akan membuat pandangan kita makan dengan porsi banyak karena wadah yang digunakan sempit. Hal ini membantumu pikiranmu bahwa kamu sudah makan dengan porsi yang wajar, lain halnya jika kamu menggunakan piring yang besar dan lebar. Kamu akan melihat porsi dengan ukuran yang sama terlihat sedikit sehingga ada kemungkinan kamu akan menambah porsimu. Sebagai gambaran kamu bisa melihat ilustrasi dibawah ini

Mana lingkaran hitam yang lebih besar?  Yang kiri atau kanan?  Yang kanan terlihat lebih banyak karena wadahnya kecil.

5.Kombinasikan makanan yang tepat

Perhatikan kombinasi makro dan mikro nutrisi kamu. Pastikan komposisi antara karbohidrat, protein, lemak dan serat kamu tepat. Memilih sumber karbohidrat dari yang komplek seperti ubi, nasi coklat, dan oatmeal. Makan cukup protein dan banyak serat akan membuatmu merasa keyang lebih lama dibanding jika kamu makan makanan tinggi gula, karena makanan tadi lambat dicerna.

6.Makan dengan perlahan

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa orang yang makan perlahan cenderung memiliki BMI yang rendah di banding dengan orang yang makan dengan cepat. Jadi makanlah perlahan jangan terburu-buru, kunyah dengan baik dan rasakan rasa makananmu.

5.Gosok gigi setelah makan

Cara ini lumayan efektif karena sensasi mulut setelah menggosok gigi membuat kita enggan dan sayang kalo mau makan lagi. Disamping itu jangan lupa niatkan untuk menjalankan sunnah rasul ya. Karena beliau hobi bersiwak. So kamu bisa dapat banyak point disini. Menghindari makan banyak, jalankan sunnah rasul, napasmu tetap segar dan bau mulut enak.

6.Jangan menyetok cemilan yang nggak perlu dan simpan ditempat tersembunyi

Jika kalian belum berkeluarga maka sebisa mungkin jangan sengaja menyetok cemilan. Namun jika sudah berkeluaga dan punya anak kecil maka simpanlah ditempat yang tak terlihat saat kita lalu-lalang. Pandangan terhadap cemilan kadang bisa membuat kita berselera untuk mencobanya sedikit demi sedikit. Dan akhirnya menjadi keterusan. Karena biasanya, cemilan itu memiliki kalori yang tinggi, dan ini bisa membuat kalori harianmu naik.

7.Jika harus membuat kudapan untuk anak maka sisanya bisa disimpan atau dibagikan ke tetangga.

Tips ini untuk kalian yang sudah berumah tangga dan mempunyai anak. Terkadang kita butuh membuat kudapan agar anak tidak merasa bosan dengan makanan. Namun terkadang saat kita membuat kudapan kita merasa malas kalo membuatnya dalam jumlah sedikit mengingat waktu pembuatannya sama. Contoh kita membuat cake atau roti. Maka sisa kebutuhan kudapan yang kita buat kita simpan ditempat yang tidak terlihat. Atau kita kasihkan ke tetangga kita. Waaah jadi dermawan kita. Badan kita ga bengkak pahala pun dapat

8.Menyibukan diri dengan aktivitas

Sering perhatiin orang yang lagi sibuk banget mengerjakan sesuatu ga? Sampe kadang lupa makan. Ketika kita didatangi hasrat makan maka cobalah cari kegiatan untuk mengalihkan hasrat makan kita dengan melakukan suatu aktivitas. Maka kemungkinan rasa lapar akan hilang.

Semoga beberapa kiat ini bisa membantu kalian dalam menjalan program sehatmu ya.
Semoga sukses

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *