Tips Mengajarkan Anak Naik Sepeda Roda 2

  • Whatsapp

Dapat naik sepeda roda 2 merupakan kebahagian besar bagi anak-anak. Dengan bersepeda, selain melatih kemampuan kinetik, bersepeda merupakan kesenangan tersendiri, tidak hanya anak-anak, bahkan bersepeda menjadi gaya hidup orang dewasa sebagian orang pada zaman ini.

Melatih sepeda perlu teknik yang tepat, agar:

  1. Meminimalkan resiko jatuh
  2. Orang tua yang mengajarinya tidak capek

Pada dasarnya, setelah anak terbiasa dengan sepeda roda 3 atau 4, anak telah mempunyai kemampuan mengayuh. Nah, bagaimana dengan roda 2?

Berikut ini tips mengajarkan anak naik sepeda:

1.Latihan keseimbangan

Sepeda mempunya roda hanya 2, mengapa yang mengendarainya tidak jatuh? Sepeda tidak jatuh karena dia bergerak dengan seimbang. Oleh karena itu, latihan keseimbangan merupakan kunci dapat mengendarai sepeda roda 2.

Lepas pedal dari kayuhan agar tidak mengganggu kaki saat latihan keseimbangan ini.

Gunakan jalan menurun sehingga anak hanya fokus melatih keseimbangan tanpa terbagi konsentrasinya dengan menyelaraskan kayuhan.

Lakukan menuruni jalan berulang-ulang agar anak betul-betul mahir menyeimbangkan sepeda tanpa jatuh. Jika anak telah melakukan langkah ini setidaknya 40x, insyaAllah bisa dianggap cukup untuk lulus di tahap ini.

Tahapan ini memakan waktu setidaknya 1,5 hingga 2 jam. Beri semangat terus agar anak tidak bosan menjalani tahapan ini.

2.Mencoba gowes, latihan mengayuh

Setelah anak lulus tahapan latihan keseimbangan, pasang kembali pedalnya. Mulailah di jalan yang menurun dan kemudian lanjut dengan mencoba mengayuhnya.

Pada tahap ini, anak akan senang sekali karena sudah mulai bisa menaiki sepeda roda 2 walaupun dengan perlu konsentrasi dan hati-hati, mengatur keseimbangan dan menyelaraskan kayuhan.

3.Melancarkan kemampuan

Setelah berhasil mulai mengayuh sendiri, ajaklah ke tempat-tempat yang cocok untuk melancarkan kemampuan mengendarai sepeda roda 2 ini

Pengalaman kami mengajar keponakan laki-laki kami, hanya dalam waktu kurang lebih 3  jam, tahapan 1 sampai dengan 3 dilalui dengan lancar sampai dapat mengendarai sendiri sepeda roda 2.

Selebihnya tinggal melancarkan dan diajarkan aturan-aturan naik sepeda di jalan umum.

Selamat bersenang-senang dengan anak Anda.

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *