Testimoni: Menurunkan Kolesterol dengan Terapi Bawang Putih

  • Whatsapp
Terapi kolesterol dengan bawang putih
Ilustrasi (sumber foto:pixabay.com)

Halo sobat umipedia, pada kesempatan ini saya akan sharing pengalaman ketika terapi menurunkan kolesterol dengan bawang putih.

Awalnya saya khawatir karena hasil tes lab dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa kolesterol saya sudah di atas ambang batas. Konon kolesterol total sebaiknya tidak lebih dari 200, akan tetapi hasil tes lab saya beberapa tahun terakhir selalu di atas 220. Dengan kolesterol diatas 220 akhirnya saya berusaha untuk membatasi asupan makanan yang tinggi kolesterol dan yang paling repot harus mengurangi telor ayam dan gorengan, teman nasi yang sulit dicari penggantinya ketika saya makan. Setelah bersusah payah mengurangi telor dan gorenganpun kolesterol masih di atas 220.

Akhirnya saya mencoba berbagai cara untuk menurunkan kolesterol, dari berbagai cara tersebut, yang praktis dan tokcer, alhamdulillah, dengan konsumsi bawang putih. Kolesterol berhasil turun dari 220 ke 150, penasaran bagaimana caranya?

T: Bawang putih yang mana? Apakah harus bawang putih tunggal?
J: Saya juga mendengar bahwa katanya bawang putih tunggal lebih bagus, akan tetapi yang saya pakai adalah bawang putih biasa yang ada di warung-warung. Bawang putih tunggal selain mahal juga tidak mudah mendapatkannya, berbeda dengan bawang putih bumbu masak biasa yang dengan mudah ditemukan di warung-warung.

T: Berapa lama terapi dilakukan?
J: Terapi yang saya lakukan selama kurang lebih 2 bulan, mungkin seharusnya bisa lebih cepat akan tetapi karena saya kurang tertib terapinya (kadang tiap hari, kadang 2-3 hari sekali) sehingga saya melakukan tes lab setelah 2 bulan dan hasilnya, kolesterol turun dari 220 ke 150, alhamdulillah

T: Berapa dosis terapi bawang putih?
J: Bawang putih tidak boleh terlalu banyak atau terlalu sedikit, saya mengkonsumi 2-3 siung bawang putih segar perhari.

T: Kapan waktu mengkonsumsinya?
J: Biasanya saya mengkonsumsi pagi hari sebelum makan atau malam hari sebelum tidur. Tetapi bagi yang mempunyai maag, Anda harus mempertimbangkan untuk makan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi bawang putih karena dikhawatirkan ketika mengkonsumsi bawang putih sebelum makan dapat mengakibatkan lambung terasa perih

T: Bawang putih kan baunya menyengat. Bagaimana mengkosumsinya dengan mudah?
J: Pertama bawang putih diiris kecil-kecil agar bisa langsung masuk dengan mudah ketika dikonsumsi. Siapkan air hangat, setelah bawang putih masuk ke mulut, cepat-cepat minum air putih hangat tersebut sehingga bawang putih terdorong masuk dan tidak berlama-lama dimulut. Bawang putih mempunyai bau yang cukup menyengat, dengan cara ini, mengkonsumsi bawang putih mentah akan lebih mudah.

T: Setelah kolesterol turun menjadi 150, apakah masih mengkonsumsinya secara rutin tiap hari?
J: Setelah turun menjadi 150 tentu tidak terus-menerus mengkonsumsi bawang putih tiap hari. Saya hanya mengkonsumi rutin selama 2 bulan pertama, tetapi terkadang ketika badan kurang vit, saya mengkonsumsi bawang putih lagi untuk meningkatkan imunitas, misalnya ketika musim hujan untuk pencegahan sakit flu.

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *