Review Smart Watch: Mi Band 3 vs Honor Band 3

  • Whatsapp
Mi Band 3

Bagi temen-temen yang sedang menjalani program diet tentu ingin tahu aktivitas hariannya mengeluarkan seberapa besar kalori. Jika masih kurang dari target harian, maka dihari-hari berikutnya dapat menambahkan dosis aktivitas fisiknya sehingga target hariannya terpenuhi.

Kali ini umipedia akan mereview 2 produk smart watch yang cukup populer, banyak diminati karena harganya murah tetapi kualitasnya tidak mengecewakan. Produk tersebut adalah Mi Band 3 dan Honor Band 3.

Mengapa Mi Band 3 dan Honor Band 3 menjadi rivalnya? Karena fitur dan harganya di segmen dan kelas yang sama

Harga yang tidak jauh berbeda

Mi Band 3 dan Honor Band 3 dijual di toko-toko online pada kisaran harga 200-300rban dimana pada umumnya Honor Band 3 lebih murah beberapa puluh ribu rupiah.

Sama-sama fitur basic

Secara fitur, kedua perangkat ini hampir sama. Fitur-fitur yang ada sifatnya fitur basic pada perangkat smart watch, diantaranya:

  • Heart rate, sensor detak jantung. Ketika olah raga, semakin “ngos-ngosan” maka semakin banyak kalori yang terbakar. Sensor heart rate untuk membaca detak jantung sehingga aktivitas kita dapat dikalkulasi menjadi angka jumlah kalori
  • Acceleromoeter, sensor ini digunakan untuk membaca pergerakan dan akselerasi pengguna. Dari sensor ini, smartwatch akan mengetahui kalau kita sedang duduk diam, berjalan atau ketika mulai start lari dari sebelumnya jalan pelan.
  • Penghitung langkah, dengan sensor ini dapat diketahui berapa jumlah langkah kita selama sehari. Jumlah langkah ini kemudian dikalkukasi menjadi jumlah kalori
  • Bluetooth, hasil pembacaan sensor-sensor yang ada di smartwatch dapat dikirimkan ke aplikasi di smartphone sehingga report aktivitas dapat dianalisa lebih lanjut dengan tampilan yang lebih lega di layar smartphone.
  • Tahan air, kedua-duanya sama-sama tahan air sehingga tidak perlu khawatir ketika terkena hujan bahkan dapat dibawa renang.

Sama-sama tidak ada GPS

Dengan segmen entry level, kedua smartwatch ini tidak ditanam sensor GPS. Lalu bagaimana untuk melakukan tracing route ketika kita sedang beraktivitas diluar, misalnya jalan atau jogging? Anda harus menghubungkannya dengan smart watch. Jadi report posisi tracking sebetulnya adalah dari GPS smartphone Anda, bukan dari smartwatchnya.

Kelebihan dan kekurangan Mi Band 3

Berikut ini tampilan Aplikasi Mi Fit untuk reporting Mi Band 3

Mi Band 3

Diantara kelebihan Mi Band 3 yang kami rasakan setelah memakainya beberapa bulan adalah:

  • Modelnya lebih stylish, lebih kekinian dan bergaya anak muda
  • Ada menu “exercise” sehingga ketika senam, aktivitas kita dapat dikalkukasi dengan mode ini

Adapun kekurangannya, diantaranya adalah:

  • Gelang cenderung lebih keras, tidak selentur pada Honor Band 3
  • Navigasi agak rumit, layar sentuhnya kurang responsif dan kurang lembut, Anda perlu sedikit latihan dan bersabar agar lancar mengoperasikan menu-menu yang ada.
  • Ketika dipakai renang, smart watch terkadang berhenti (mode pause), mungkin karena layarnya tergesek-gesek air sehingga dianggap kita menekan layar untuk masuk ke mode pause.

Kelebihan dan kekurangan Honor Band 3

Berikut ini tampilan Huawei Healt untuk reporting Honor Band 3

Honor band 3

Diantara kelebihan Honor Band 3 yang kami rasakan setelah memakainya beberapa bulan adalah:

  • Gelang lebih lentur, sehingga lebih enak di tangan ketika memakainya.
  • Navigasi lebih mudah dan layar sentuhnya lebih lembut, saat kita pindah menu sangat mudah.
  • Ada mode renang, pengalaman kami ketika dipakai saat renang, smart watch bekerja dengan normal. Tidak mengalami mode pause seperti pada Mi Band 3

Adapun kekurangannya, diantaranya adalah:
Tidak ada mode exercise, sehingga ketika olah raga senam misalnya, mode exercisenya bingung mau pakai yang mana. Apa jalan indoor, lari indoor, jalan outdoor atau apa?

Jadi, pilih yang mana?

Dengan fitur yang cukup lengkap dan harga yang relatif murah, sebetulnya kedua-duanya sangat direkomendasikan untuk menemani program diet Anda. Hanya saja kalau disuruh memilih, maka:

  • Jika jenis olah raga yang sering Anda lakukan adalah senam, maka Mi Band lebih cocok
  • Adapun j ika Anda sering berenang dan Anda ingin hitung kalori yang keluar saat berenang, maka Honor Band 3 lebih cocok

Salam sehat …

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *