Review Buku: Silsilah Lisaniy Arabiy

  • Whatsapp
Silsilah Lisaniy Arabiy
Silsilah Lisaniy Arabiy

Buku ini diterbitkankan oleh Al-Qowam dan disusun oleh Abul Faruq Abdurrahman.

Buku yang terdiri dari 6 jilid ini dirancang untuk suplemen pembelajaran bahasa Arab di kelas 1 sampai dengan kelas 6 SD. Dengan harga kisaran hanya Rp 40.000 untuk 1 setnya (6 jilid), buku ini tergolong sangat murah.

Melihat jumlah halamannya yang hanya 24 halaman, buku ini memang bukan materi utama pembelajaran bahasa Arab di sekolah-sekolah Islam, mungkin lebih cocok sebagai suplemen atau sebagai salah satu materi extra kurikuler bahasa Arab di sekolah-sekolah.Walaupun tipis bukunya dan tidak seberapa harganya, akan tetapi kandungannya sangat agung, selain mengenalkan bahasa Arab sejak dini ke anak-anak sekolah, buku ini sarat akan pesan-pesan moral akan nilai-nilai akhlak dan keimanan. Tidak berlebihan jika kami katakan seperti pepatah “Sekali merengkuh dayung, dua ..tiga pulau terlampaui”, mengajarkan bahasa Arab sekaligus menanamkan nilai-nilai Islam kepada anak-anak kita.

Dari berbagai buku yang telah kami ajarkan ke anak-anak kami, buku ini merupakan buku pokok yang diulang-ulang. Pemaparan dalam bentuk kisah-kisah membuat buku ini tidak bosan untuk membacanya berulang-ulang sehingga pesan moral dari akhlak dan keimanan dapat lebih menghujam di qalbu anak-anak kita.

Kelebihan buku ini

Buku ini memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah

  • Mufrodat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga lebih mudah dihafal karena kosa-katanya sering dijumpai dalam kehidupan kita.
  • Disertai pembahasan hikmah dalam setiap kisah sehingga lebih menekankan lagi pesan-pesan moral dari nilai-nilai akhlak dan keimanan yang seharusnya ditanamkan sejak dini pada anak-anak kita.
  • Tema kisah yang diangkat dalam buku bagus sekali, sarat akan pelajaran seperti tentang tauhid, berbakti kepada orang tua, semangat belajar dan lain sebagainya
  • Tema-tema yang diangkat sesuai dengan kehidupan sehari-hari di Indonesia. Hal ini menjadi kekuatan tersendiri dimana banyak dari buku-buku pelajaran bahasa Arab banyak yang mengangkat tema-tema di Timur Tengah.
  • Adanya khiwar/percakapan keseharian dan sarat akan adab islami sehingga cocok untuk mengajarkan praktek percakapan menggunakan bahasa Arab sejak dini.
  • Mengandung muatan praktek ilmu nahwu dan shorof
  • Harganya murah

Kekurangan buku ini

Diantara kekurangan buku ini menurut kami adalah:

  • Tidak berwarna, padahal kalau seandarinya berwarna akan lebih menarik lagi
  • Tidak memuat pelajaran kitabah/khot

Kesimpulan

Buku ini penting sekali untuk dimiliki, terlebih lagi bagi yang ingin mengenalkan bahasa Arab lebih dini kepada anak-anak kita, seperti sebagai bahan ajar praktek OPOL bahasa Arab (one person, one language) atau extra kurikuler bahasa Arab di sekolah-sekolah. Jika Anda ingin memberikan materi lebih pada pembelajaran bahasa Arab anak-anak Anda, maka buku ini merupakan buku yang harus anda miliki.

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *