Review Buku: “Masa Kecil para Ulama”

  • Whatsapp
.Masa kecil para ulama
.Masa kecil para ulama

Seberapa sering sih kita di bikin pusing sama mood anak yang naik turun saat belajar?
Bingung bikin mereka semangat belajar? Yaaa normal sih anak moody saat belajar, namanya juga masih anak-anak.

Tapi ada ga sih cara yg bisa buat anak selalu bersemangat belajar? Buku ini bisa jadi menjadi salah satu boosternya, buku tentang kehidupan para ulama yang sekaligus mengenalkan kepada mereka kepribadian-kepribadian luar biasa dari para ulama kita.

Penulis: Abu Umar Abdillah
Penerbit: Wafa Kid

Buku ini berisi tentang 22 tokoh yang terdiri dari para sahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in dan ulama salaf lainnya. Buku ini mengenalkan tokoh-tokoh fenomenal di Islam yang mungkin tidak dikenal oleh orang awam. Dengan buku ini, kita dan anak kita dibikin melek bahwasanya di Islam tidak kekurangan tokoh hebat dan luar biasa ko. Dan apa yang mereka sudah lakukan itu benar-benar mengagumkan. Sehingga bisa jadi perbandingan dan renungan buat kita. Dimana sih kita dibanding mereka. Kenapa sih kita tidak seperti mereka? Kita harus mencontoh mereka baik dalam

Para ulama yang dikisahkan dalam buki ini adalah: Iyas Adz-Dzaki, Sufyan bin Uyainah,Imam Asy-Sya’bi, Imam Asy Syafi’i, Imam An-Nawawi, Abu Hatim Ar-Raazi, Ibnu Al-Jauzy, Yahya bin Ma’in, Rabiah Ar-Ra’yi, Rabi bin Khutsaim, Imam Bukhari, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, Ya’qub bin Sufyan, Abu Yusuf, Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Umar ra, Ali bin Ashim, Sahl bin Abdullah At-Tustari, Abdul Awwal Al-Harawi, Imam Ahmad bin Hanbal, Ibnu Jarir Ath-Thabari dan Ibnu Taimiyah.

Kelebihan Buku

Walaupun buku ini kecil dan tipis, buku ini banyak sekali kelebihannya, diantaranya adalah:

  • Kisah yang disajikan merupakan kisah nyata, bukan fiktif. Karena efek kisah NYATA itu sangat berbeda dengan sekedar kisah fiktif. Umumnya kisah fiktif hanya memukau saat pertama saja, selanjutnya alam bawah sadar kita akan mengatakan bahwa itu kan cuman kisah yang dibuat-buat, cuman boongan sehingga tidak mungkin kita bisa menirunya
  • Walaupun bercerita tentang ulama-ulama besar, gaya bahasanya disajikan dengan ringan dan mudah dipahami oleh anak
  • Penyampaian penulis sangat menarik, sehingga seperti mengajak bicara langsung kepada para pembacanya sehingga pembaca seolah-olah masuk ke dimensi zaman tersebut.
  • Disertai kata-kata mutiara dan motivasi yang dinukil dari para tokoh salaf tentang ilmu
  • Plot cerita disajikan ketika ulama masih kecil, sehingga anak-anak yang membaca dapat mengambil pelajaran bagaimana para ulama ketika masa kecilnya. Dengan plot seperti ini, anak-anak dapat membandingkan kesehariannya dengan keseharian para ulama ketika masa kecilnya.
  • Harga termasuk murah untuk buku yang sudah memuat 22 kisah para ulama

Kekurangan Buku

Menurut kami, ada beberapa catatan kekurangan buku ini, seperti:

  • Tidak berwarna
  • Layout kurang bagus

Kesimpulan

Buku ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki dan dibaca oleh anak-anak kita, atau oleh para umahat untuk memotivasi anak-anak mereka, atau para guru sebagai bahan reverensi cerita untuk memotivasi murid-murinya.

Pengalaman kami, anak sangat menyukai kisah-kisahnya dan membuat lebih termotivasi dalam belajar serta bersabar dalam menjalani proses belajar. Anak tidak bosan membaca berulang-ulang buku tersebut karena kisahnya sangat menawan

Buku Masa Kecil Para Ulama, sampai lusuh karena sering dibaca anak kami
  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *