Review buku “Al-Arabiyah baina Yadai Auladina (ABY anak)”

  • Whatsapp

Buat kalian yang belajar bahasa arab, pernah mendengar atau pernah belajar “kitab al arabiyah baina yadaik” kan ? Ya ,,, Baru baru ini Ada kabar gembira nih untuk para penggiat bahasa arab, dan para orang tua yang ingin buah hatinya mahir berbahasa arab sejak kecil. Kini kitab Al-Arabiyah Baina Yadaik hadir untuk versi anak dan remaja dengan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan kekinian.

Berikut review dari umipedia tentang seri kitab ini ….

Kitab ini dikeluarkan pada tahun 2019 karena tingginya permintaan dan minat diterbitkannya kitab Bahasa Arab seri anak untuk kalangan non Arab (gharu naathiq), request tadi datang dari penjuru dunia.

Kitab ini disusun oleh Syaikh Abdurahman Ibnu Ibrahim Fauzan dan Syaikh Muhammad Ibnu Abdurahman Alu Syaikh.

Kitab ini terdiri dari 12 kitab untuk pelajar disertai kitab panduan untuk pengajar disetiap jilidnya dengan rincian sebagai berikut:

  • 6 kitab untuk setara SD (jilid 1-6)
  • 3 kitab untuk setara SMP (jilid 7-9)
  • 3 kitab untuk setara SMA (jilid 10 – 12)

Jadi jika ditotalkan, dan kita membeli semua seri lengkap maka jumlahnya ada 24 kitab, namun untuk saat ini kitab yang sudah dicetak baru sampai jilid 9 awal saja (18 kitab), yakni untuk yang setara SD dan SMP

Konten buku dari seri 1-9 (setara SD dan SMP) terdiri dari 8 tema, sedangkan pada seri 10-12 (setara SMA) terdiri dari 12 tema.

Karakteristik Buku

Tiap penyusun tentu memiliki target dan metode yang digunakan dalam menyusun sebuah buku. Buku-buku yang membahas qowa’id semacam ajrumiyah, mulakhos, alfiah tentu beda dengan buku-buku yang menonjolkan untuk hiwar (percakapan).

Bagaimana dengan buku ABY anak ini?

Dengan melihat variasi latihan di kitab, menurut hemat kami kitab ini lebih cocok untuk dipelajari secara klasikal karena latihannya yang banyak dan berulang-ulang. Jika digunakan untuk belajar secara otodidak maka kurang cocok karena akan banyaknya pengulangan pada latihan-latihannya, karena memang tujuan buku ini adalah pembelajaran bahasa arab yang komunikatif bukan belajar bahasa pasif.

Mufrodat/kosa-kata Buku

Info yang didapat dari muqadimah kitab bahwa total kosakata yang akan didapat saat mempelajari seluruh kitab ini adalah 1931, ini artinya kitab ini jika dipelajari dengan baik maka bisa memudahkan pelajar untuk belajar bahkan untuk bekal dijenjang universitas yang menggunakan bahasa arab sebagai bahasa pengantar sebagaimana yang diklaim oleh tim penyusun.

Kelebihan Buku ini

Diantara kelebihan buku ini menurut pandangan kami:

  1. Kitab ini menggunakan bahasa arab fusha (arab formal/klasik)
  2. Kertasnya glosy dan full colour
  3. Ilustrasinya menarik, lucu dan menggemaskan
  4. Latihannya menarik, bervariasi dan banyak
  5. Mengasah semua kemampuan bahasa, sima’ah (mendengar), qira’ah ( baca), ta’bir (ungkapan, baik secara lisan dan tulisan)
  6. Terdapat audio native speaker yang dapat didownload di internet
  7. Porsi materinya pas sesuai level dan berjenjang
  8. Terdapat mudzakarah di setengah isi kitab (mid semester)
  9. Mempelajari kitab ini in syaaa Allaah membuat anak bisa aktif berbicara bahasa arab.
  10. Buku ini bersifat praktis karena tidak mempelajari kaidah nahwu shorof secara teoritis dan ini memudahkan anak untuk mempelajari bahasa (konsep dasar bahasa adalah dengan meniru)
  11. Kitabnya berharakat (ada syakalnya)
  12. Materi pergender dipisah (muannats dan mudzakar)
  13. Di akhir bab selalu diberi games-games menarik

Kekurangan Buku Ini

Adapun kekurangan buku ini menurut kami:

  1. Materi dan latihan yang bersifat audio harus download terlebih dahulu di internet. Hingga review ini dibuat belum ada aplikasi khusus di play store yang memudahkan pelajar dan pengajar untuk menggunakan audio.
  2. Materinya kurang banyak menyentuh nilai-nilai Islam sehingga terkesan hanya belajar sisi kebahasaan saja, beda dengan semacam kitab “Silsilah Ta’lim Lughoh Al Arobiyyah” yang memadukan antara penyampaian materi bahasa dengan konten diniyah.
  3. Karena bukunya edisi lux maka harganya relatif mahal dibandingkan dengan keumuman buku pelajaran sekolah.

Kesimpulan

Bagi yang akan mengajarkan bahasa Arab untuk anak-anak, baik di kelas atau sebagai pelajaran extra kurikuler, buku ini pantas untuk dijadikan buku ajar karena konten dan metode yang telah disesuaikan untuk anak-anak.

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *