Pentingnya Orang Tua Mengikuti Pertumbuhan Kemampuan Anak

  • Whatsapp
Ilustrasi (Sumber foto:pixabay.com)

Pertumbuhan anak perlu dimonitor dan dievaluasi, terlebih pada masa golden age. Ketepatan pendidikan masa kecil akan sangat berpengaruh pada pembentukan pribadi dan kemampuan anak, oleh karena itu orang tua harus memberikan perhatian ekstra khususnya ketika anak-anak pada masa golden age.

Berikut ini beberapa hal yang penting dalam menumbuhkan kemampuan anak:

Mengajak anak berdiskusi

Berilah kesempatan kepadanya untuk mengungkapkan pikiran, perasaan dan pandangannya. Diskusi yang dilakukan secara tenang akan membuat akal anak tumbuh berkembang, memperluas wawasannya dan membuatnya bertambah aktif.

Bercerita kepada anak

Berusahalah untuk sering menceritakan kisah-kisah yang menarik kepada anak. Menceritakan kisah-kisah menarik akan dapat menumbuhkan kecerdasannya dalam berinteraksi dengan orang lain, khususnya kecerdasan dalam berbicara, menyimak ucapan orang lain dan sebagai persiapan bagi anak untuk belajar membaca dan menulis.

Selain itu, hal tersebut juga akan membuat pengetahuannya berkembang. Metode pemberian kisah kepada anak dapat menumbuhkan daya fantasi anak. Anak akan mampu mentransfer daya fantasinya ke alam lain.

Selain itu, memberikan contoh-contoh yang istimewa akan bermanfaat baginya. Kemampuan anak dalam berkreasi pun akan tumbuh saat anak berinteraksi melalui setiap obrolan dan kegiatan-kegiatan lainnya yang berkaitan dengan hal-hal tertentu.

Mendukung hobi anak

Berusahalah untuk selalu meningkatkan kemampuan dan hobi yang bermanfaat bagi diri anak. Berikanlah motivasi kepada anak jika dia memiliki kemampuan untuk berbicara atau berpidato, kemampuan bongkar pasang alat-alat elektronik, serta mampu merapikan dan membuat rumah menjadi lebih indah.

Berusahalah untuk bersikap sabar jika anak melakukan kesalahan yang timbul ketika anak melakukan hobinya. Jika kita dapat memberikan motivasi kepada anak-anak kita sesuai dengan kemampuan (bakat) mereka yang terpendam, maka kita akan dapat membuatnya menunjukkan prestasi yang jauh lebih baik dari sekedar membuat mereka tampil melakukan hobinya itu.

Mudah-mudahan kita senantiasa diberi kemudahan dalam mengarahkan anak-anak kita sehingga tumbuh kembang menjadi pribadi yang unggul, amiin

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *