Pentingnya memberikan pujian dan motivasi kepada anak

  • Whatsapp

Jika kita menanam pohon, selain dibersihkan dari penyakit-penyakit tumbuhan, pohon perlu disiram dan diberi pupuk agar pohon tumbuh dengan pesat. Bagaimana dengan perkembangan jiwa anak? Anak juga perlu ‘disiram dan dipupuk’ jiwanya, salah satunya dengan cara memberi pujian dan motivasi.

Tauladan manusia, Nabi Muhammad saw, memberikan contoh yang indah dalam hal ini, seperti dalam hadits disebutkan bahwasanya Beliau bersabda:

“Sebaik-baik orang adalah ‘Abdullah (maksudnya Ibnu ‘Umar) seandainya ia mau melaksanakan shalat malam.”

Salim mengatakan, “Setelah dikatakan seperti ini, Abdullah bin ‘Umar tidak pernah lagi tidur di waktu malam kecuali sedikit.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Perhatikanlah efek luar biasa dari pujian Rasulullah saw kepada Ibnu Umar ra. Pujian dan motivasi memberi efek yang positif kepada anak, oleh karena itu orang tua harus memberikan perhatian yang besar dalam masalah ini.

Manfaat memberi pujian kepada anak

Pujian akan memberikan pengaruh positif pada diri anak. Pujian akan dapat menggerakan perasaan dan nalurinya. Selain itu, pujian akan membuatnya senang dan bersungguh-sungguh untuk segera memperbaiki sikap dan perilakunya.

Terlebih jika anak menunjukkan prestasi, maka lebih perlu untuk memberikan pujian. Hal yang sederhana misalnya anak bermain bersama temannya dengan akur, tidak berantem, maka segeralah beri pujian misalnya dengan ucapan “Nah begitu, pinter… kalau main harus akur/rukun”

Manfaat memberi motivasi kepada anak

Berusalah untuk selalu memberikan motivasi kepada anak. Motivasi dapat berupa materi maupun immateri, akan tetapi tidak boleh memberi motivasi secara berlebihan.

Misalkan saja setelah tamat belajar Iqra jilid 1 diberi hadiah, ketika nanti tamat Iqra 2 diberi hadiah lagi dan seterusnya. Hadiah tidak musti yang mahal, tetapi dengan adanya hadiah maka anak merasa termotivasi dan merasa diperhatikan oleh orang tuanya. Hadiah dapat berupa tempat minum yang baru, pinsil warna (krayon) yang baru dan semisalnya.

Pemberian motivasi juga berperan sangat besar pada perkembangan kejiwaan anak, karena hal itu akan membuat kemampuan dan berbagai kecenderungan (hobi) sang anak akan diketahui

Mulai sekarang, beri perhatian lebih ke anak ya dan jangan lupa untuk memberi apresiasi ketika anak menunjukkan perilaku dan prestasi yang baik serta pompa terus semangatnya dengan motivasi-motivasi sehingga anak terbiasa mempunyai daya juang untuk mewujudkan impiannya.

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *