Olah-raga sebaiknya kapan? Pagi, Siang, Sore atau Malam?

  • Whatsapp
Ilustrasi, sumber gambar:pixabay.com

Olah raga menjadi sebuah kebutuhan hidup agar tubuh tetap bugar sehingga aktivitas sehari-hari dapat terlaksana tanpa hambatan sakit. Terlebih bagi yang sedang melaksanakan program diet, tentu aktivitas olah raga lebih intens demi terbakarnya kalori yang berujung pada turunnya berat badan.

Akan tetapi kapan waktu paling baik untuk olah raga? Menutur Alvin Hartanto dalam bukunya “Bukan Buku Diet”, beliau menjelaskan bahwa yang terpenting adalah konsisten dalam berolah-raga, adapun waktunya apakah pagi, siang, sore atau malam tidak masalah, fleksibel saja.

Terlebih lagi di zaman sekarang dimana aktivitas tiap orang dapat begitu bervariasi, bisa saja sebagian orang punya waktunya saat pagi, sebagian lainnya justru saat malam hari baru bisa berolah-raga.

Jadi, bagi teman-teman yang tidak punya waktu olah-raga di pagi hari dapat melakukannya saat sore atau bahkan pada malam hari. Hanya saja jika dilakukan pada malam hari, hendaknya tidak dilakukan terlalu larut karena akan mengganggu jadwal tidurnya.

Begitu pula saat bulan Ramadhan tiba, seseorang tetap dapat melakukan olah-raga, misalnya sebelum sahur atau setelah pulang shalat tarawih. Dengan begitu, kondisi badan dapat lebih terjaga lantaran aktivitas olah-raga yang rutin.

Bagi yang sedang diet dan menjalankan program untuk menurunkan berat badan, jenis olah-raganya bisa dengan memadukan antara pola latihan angkat beban dan cardio workouts.

Mudah-mudahan kita semua dimudahkan untuk konsisten berolah-raga sehingga kondisi tubuh dapat lebih terjaga vitalitasnya

 

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *