Mitos Seputar Diet yang Banyak Diyakini Orang

  • Whatsapp
Mitos diet yang salah
Ilustrasi (Sumber gambar: pixabay.com)

Siapa sih yang tidak ingin mempunya tubuh ideal? Semua orang tentu ingin mempunyai tubuh ideal, bahkan sebagian mereka rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah agar tubuhnya ideal. Ada diantara mereka termakan iklan, sudah keluar uang banyak tetapi badan tetap tambun.

Sebenarnya yang terpenting dari program diet dan hidup sehat adalah paham ilmunya dan konsisten menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa ilmu maka kita akan terombang-ambing dari iklan yang satu ke iklan yang lain

Berikut ini diantara mitos seputar diet yang diyakini oleh banyak orang padahal tidak demikian faktanya.

1.Semakin banyak keringat keluar ketika olah raga, semakin banyak lemak yang luruh

Tidak benar, keringat ketika olah raga yang keluar bukanlah lemak, akan tetapi air. Jika seseorang yang rajin berolah raga terlihat lebih kurus disebabkan karena kadar lemak yang menurun dalam tubuh.

2.Mengkonsumsi buah tidak akan membuat kita gemuk

Tidak benar, buah mengandung gula yang dapat menaikkan berat badan, sehingga mengkonsumsi buah-buahan juga tidak boleh berlebihan.

3.Kita bebas makan apa saja jika kita rajin olah raga

Tidak benar, walaupun kita rajin berolah raga, asupan tetap harus dijaga agar hasil yang didapat tetap optimal. Bayangkan jika kita 1 jam jogging membakar 300 kalori, lalu kita makan satu pisang goreng yang juga mengandung 300 kalori. Perjuangan kita selama 1 jam berolah raga tersebut menjadi sia-sia karena impas, bagaimana pula jika ditambah makan yang lain yang kalorinya tinggi?

4.Makan malam hari dapat membuat menjadi gemuk

Tidak benar, yang membuat kita menjadi gemuk adalah makanan yang tidak sehat dan makan melebihi kebutuhan kalori harian kita. Jadi, makan malam hari tidak masalah selama makanan yang dikonsumsi sehat dan tidak melebihi kadar konsumsi harian kita

5.Banyak minum air putih dapat menurunkan berat badan

Tidak benar, air putih memang baik untuk kesehaan, namun jika kita banyak minum air putih tanpa membatasi asupan dan tidak melakukan olah raga, maka berat badan kita tidak akan turun.

6.Protein shake bisa membuat kita kurus

Tidak benar, protein shake ditujukan memenuhi kebutuhan protein tubuh saja. Jadi protein shake tidak bisa membakar lemak dalam tubuh, apalagi bila kita masih makan sembarangan. Selain itu, kita juga tidak membutuhkan protein shake jika masih bisa melengkapi kebutuhan protein melalui makan yang dikonsumsi sehari-hari

Sumber:

Diambil dari buku #BukanBukuDiet karya Alvin Hartanto dengan beberapa perubahan redaksi

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *