Mengapa Saya Perlu Diet?

  • Whatsapp
diet
Ilustrasi (sumber foto:pixabay.com)

Obesitas menjadi fenomena umum yang banyak terjadi. Pola hidup yang ingin makan selalu enak (baca: berlemak) dan budaya mager (males gerak) menyebabkan tingginya angka obesitas. Jika Anda mempunyai tubuh yang berlebih (overweight) atau bahkan obesitas, Anda perlu merenungkan tulisan ini!

Terkadang, sebagian orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memberikan alasan-alasan untuk membela diri, seperti misalnya:

Gemuk nggak apa-apa, yang penting bahagia
Gemuk nggak apa-apa, yang penting sehat
Gemuk nggak apa-apa, yang penting rajin ibadah

dan alasan-alasan lainnya.

Padahal seandainya dia mempunyai tubuh ideal, insyaAllah akan lebih bahagia, lebih sehat dan lebih mendukung untuk rajin beribadah.

Berikut ini diantara alasan mengapa orang yang kelebihan berat badan perlu melakukan diet sehingga mempunyai tubuh yang ideal, paling tidak mendekati ideal:

Tubuh ideal lebih sehat

Kelebihan makanan dalam tubuh dapat menimbulkan banyak penyakit, seperti:

  • Diabetes melitus
  • Kanker
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • dan lain sebagainya

Orang gemuk pada umumnya malas berolah-raga, dengan malas berolah raga maka penyakit akan mudah menyerang. Jadi tidak benar alasan bahwa gemuk tidak apa-apa yang penting sehat. Jika kita mempunyai berat badan ideal, insyaAllah akan lebih sehat.

Tubuh ideal lebih percaya diri

Orang yang kegemukan akan tersiksa ketika akan membeli baju baru karena sulit untuk mencari ukuran dan model yang pas. Terkadang pada akhirnya nekad membeli dan ketika dicoba di rumah ternyata tidak muat. Jujurlah bahwa jika kita mempunyai tubuh yang ideal, pasti akan lebih percaya diri. Terlebih lagi bagi para gadis yang belum ‘laku’, mempunyai berat badan berlebih membuat menjadi minder.

Tubuh ideal lebih bahagia

Orang yang lebih sehat, lebih percaya diri, lebih mudah untuk beribadah dan hal-hal positif lainnya tentu akan lebih bahagia. Selain Anda lebih bahagia, dengan tubuh ideal juga akan lebih disayang suami, percayalah!

Pentup

Allah berfirman

يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا

Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh (Al-Mu’minun: 51)

Allah menggandengkan perintah untuk mengkonsumsi makanan yang thayyib dan amalan shalih, karena makanan yang thayyib akan membantu pelaksanaan amalan shalih kita. Yakin masih juga ingin makan semaunya tanpa peduli dengan baik tidaknya bagi tubuh kita?

Sebaik-baik urusan adalah yang pertengahan, jika Anda mengalami obesitas, segeralah melakukan diet sebelum terlambat. Berolah ragalah sebelum tubuh Anda kesulitan untuk berolah raga.

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *