Memberi perhatian kepada anak akan ibadah shalatnya

  • Whatsapp
Mengajari anak shalat
Ilustrasi (Sumber gambar: pixabay.com)

Shalat merupakan amalan lahir yang akan pertama kali dihisab di akhirat, jika baik shalatnya maka baiklah amalan yang lainnya, oleh karena itu orang tua wajib untuk memberikan perhatian extra serius dalam menanamkan kewajiban ini pada anak.

Mengajarkan dan memerintahkan shalat tidak cukup sekali dua kali, akan tetapi harus dipantau sehingga ibadah shalat tersebut menjadi kebiasaan dan mendarah daging dalam kehidupannya, sehingga anak akan merasa ada yang kurang kalau si anak belum shalat, sehingga sampai pada mindset bahwa shalat adalah kebutuhan dalam hidupnya

Berikut ini beberapa hal yang penting dipraktekkan dalam mengajarkan shalatnya

Anak yang mendekati ujian 7 tahun

Jika anak Anda hampir menginjak usia 7 tahun, maka ingatkanlah kepadanya bahwa perintah melaksanakan ibadah shalat telah dekat. Hal ini dimaksudkan agar jiwanya menjadi siap menghadapinya dan juga akan mempermudah tugas Anda dalam mendidiknya di kemudian hari.

Sering ingatkan anak jika waktu shalat tiba

Hendaknya Anda tidak merasa bosan dan malas untuk mengingatkan shalat kepada anak Anda, karena kita sering mendapatkan bahwa permasalahan yang timbul pada ibadah shalat adalah bahwa anak tidak disiplin terhadap waktu-waktu shalat atau dia menyepelekannya. Oleh karena itu, anak butuh seseorang yang mengingatkannya akan ibadah shalatnya

Berikan jam weker

Berikanlah sebuah jam weker yang memiliki bentuk menarik dan memiliki warna yang indah sebagai hadiah bagi anak atas satu prestasi yang telah diraihnya. Setelah itu, beritahukanlah kepadanya bahwa dia telah beranjak dewasa. Dia harus menggunakan jam weker tersebut, anak akan membanggakan hadiah tersebut ke orang-orang, yang selanjutnya akan membuat anak berusaha untuk bangun pagi karena mendengar jam tersebut berbunyi.
Setelah itu, dalam diri anak akan tumbuh rasa tanggung jawab dan terbiasa untuk melaksanakan kewajiban tersebut (shalat)

Perhatikan serius perkembangan anak selama 5 tahun

Awasilah perkembangannya selama 5 tahun (bersusah-susahlah terlebih dahulu selam 5 tahun), niscaya Anda akan dapat menikmati sisa umur Anda dengan tenang.

Biasakanlah anak-anak Anda sejak dini untuk senantiasa melaksanakan ibadah shalat dan beramal shalih, terlebih pada fase pertama masa pertumbuhannya.
Seorang pendidik yang baik tentu akan mengikuti perkembangan anak dengan senang dan penuh kepekaan. Dia akan melakukan langkah-langkah yang baik dan meyakinkan dalam menciptakan generasi muslim yang baik dan memiliki kesadaran. Berusahalah untuk selalu bersikap sabar hingga impian-impian Anda terwujud.

Demikanlah beberapa point penting yang harus diperhatikan dalam menanamkan ibadah shalat pada anak-anak kita. Semoga Allah mengaruniakan kepada kita semua keturunan yang shalih dan shalihah, amiin

Disarikan dari “100 Ide cemerlah dalam mendidik anak”, Imam Al-Mahdawi

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *