Kesehatan, Nikmat Besar yang Seharusnya Kita Jaga

  • Whatsapp
nikmat kesehatan
Ilustrasi (Sumber foto: pixabay.com)

Kesehatan merupakan nikmat besar yang banyak manusia kurang menyukurinya. Kita baru merasakan bahwa selama ini diberi nikmat yang besar ketika sedang merasakan sakit.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Barangsiapa di antara kamu masuk pada waktu pagi dalam keadaan sehat badannya, aman pada keluarganya, dia memiliki makanan pokoknya pada hari itu, maka seolah-olah seluruh dunia dikumpulkan untuknya.” (HR. Ibnu Majah)

Ya, kesehatan adalah harta yang tidak ternilai

Kesehatan modal untuk mengumpulkan bekal akhirat

Coba kita bayangkan, betapa banyak kegiatan yang tidak dapat kita laksanakan ketika sakit: kajian tidak dapat hadir, silaturahmi ke orang tua batal, rencana i’tikaf akhirnya batal dan ibadah-ibadah lainnya yang semua telah kita rencanakan akhirnya batal terlaksana. Ya, kesehatan sangatlah penting, oleh karena itu semasa sehat harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan tentu juga kesehatan yang Allah karuniakan kepada kita harus kita jaga.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Dua nikmat, yang kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari)

Betul sekali bahwa waktu dan kesehatan merupakan modal kita dalam mengumpulkan bekal akhirat, kesehatan merupakan nikmat besar yang harus kita jaga

Kesehatan modal kita menunaikan kewajiban dunia

Kesehatan juga merupakan modal kita dalam menunaikan kewajiban-kewajiban di dunia. Bagaimana kita akan mengurus rumah, memasak untuk keluarga, mengajar di ma’had dan lain sebagainya jika kita sedang sakit? Terlebih lagi bagi para umahat yang sedang mempunyai anak kecil, tentu jika sampai jatuh sakit maka anak-anak akhirnya terkena imbasnya, kurang terurus.

Islam memerintahkan untuk menjaga kesehatan

Islam sebagai agama yang sempurna tentu memberikan perhatian yang besar akan perkara ini. Anjuran Islam untuk menjaga kesehatan diantaranya berupa:

  • Larangan makan dan minum secara berlebihan. Allah berfirman “Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.” ( Al-A’raf: 31). Makan dan minum secara berlebih adalah sumber penyakit, maka harus dijauhi
  • Perintah untuk menjaga kesehatan, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Sungguh, tubuhmu memiliki hak atas dirimu.” (HR. Muslim). Diantara hak tubuh adalah makan ketika lapar, minum ketika haus, istirahat yang cukup, olah raga dan lain sebagainya.
  • Larangan membahayakan diri dan orang lain, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Tidak boleh ada bahaya dan tidak boleh membahayakan orang lain.” Hal-hal yang membayakan diri sendiri maupun orang lain terlarang dalam Islam.
  • Allah memberikan keringanan untuk tidak berpuasa ketika sedang sakit agar sakit tidak bertambah parah dan proses penyembuhan akan lebih cepat.
  • Dan masih banyak lagi perintah Allah dan Rasul-Nya yang memerintahkan agar kita menjaga kesehatan dan larangan untuk abai menjaganya.

Kunci sederhana menjaga kesehatan

Diantara kunci sederhana yang dapat kita praktekkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita antara lain:

  • Olah raga secara rutin. Olah raga 2-3 kali seminggu selama 30-45 menit akan sangat membantu agar tubuh kita selalu vit, kalau perlu Anda konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk menentukan dosis olah raga yang tepat karena tiap orang kondisinya berbeda-beda. Olah raga yang tepat sangat tergantung kepada umur dan kondisi masing-masing.
  • Istirahat yang cukup. Banyak begadang dan kurang tidur dapat menyebabkan imunitas kita menurun, jika imunitas menurun maka tubuh kita akan mudah terserang penyakit
  • Makan dan minum secukupnya, tidak berlebihan. Makan dan minum secara berlebihan akan menjadi sumber penyakit.
  • Makanan dan minuman yang halal dan thayyib, yang menyehatkan dan tidak membahayakan bagi tubuh. Misalnya menjauhi minuman beralkohol, mengurangi konsumsi gorengan yang berlebihan dan yang semisalnya. Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا

Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh (Al-Mu’minun: 51)

Allah menggandengkan perintah untuk mengkonsumsi makanan yang thayyib dan amalan shalih, karena makanan yang thayyib akan membantu pelaksanaan amalan shalih kita.

  • Mengelola stress dengan baik. Banyak penyakit sebab mulanya dari fikiran. Seringkali ketika fikiran sedang stress menyebabkan sulit tidur, ketika istirahat kurang maka imunitas akan menurun, dan ketika imunitas menurun maka penyakit akan mudah menyerang
  • Jauhi maksiat. Umur, kesehatan, rizki semuanya di tangan Allah. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu.” (HR. Tirmidzi, shahih)
    Jagalah Allah maksudnya adalah menjalankan syariatnya dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangan. Ketika kita mengikuti perintah Allah, maka Allah akan menjaga kita.

Penutup

Seorang muslim hari-harinya diisi dengan kebaikan, baik kebaikan dunia dan terlebih untuk akhirat. Dan hari-hari yang Allah berikan kepada kita tersebut akan menjadi tidak maksimal jika kita tidak sehat. Oleh karena itu jangan sia-siakan umur kita, jagalah kesehatan dan isi hari-harinya dengan aktivitas-aktivitas yang membawa kebaikan dunia dan akhirat.

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *