Kandungan Makanan yang Perlu Dibatasi Agar Tubuh Lebih Sehat

  • Whatsapp
Ilustrasi, sumber gambar:Pixabay/sharonang-99559

Hidup sehat sampai hari tua siapa yang tidak menginginkannya. Namun dizaman sekarang, orang-orang banyak yang gagal mendapatkan nikmat kesehatan. Maka benarlah perkataan teladan kita Rasulullah SAW bahwa 2 nikmat yang kebanyakan orang tertipu karenanya, nikmat sehat dan waktu luang. Ya terlena karena tidak menjaganya dengan baik. Dan baru merasakan berharganya saat sudah jatuh sakit.

Hidup sehat di zaman ini serasa sulit karena banyak dari kita tidak menerapkan pola hidup sehat terutama dalam hal pola makan. Karena sumber utama penyakit sebagai mana dikabar Rasulullah SAW ada pada bejana di badan kita alias perut.

Kita sering memenuhi perut kita melebihi kadarnya dan mengisinya bukan dengan makanan yang thayyib (baik), akibatnya berbagai macam penyakit siap mengintai kita .

Yuk agar sehat, perhatikan apa-apa yang mesti dibatasi untuk kita konsumsi sehari hari agar hidup sehat bisa kita raih sampai hari tua. Diantara kandungan yang perlu dibatasi tersebut adalah:

1. Garam

Garam tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, sebaiknya tidak melebihi 2.400mg atau sekitar 1 sendok teh garam per hari. Kelebihan mengkonsumsi garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan merusak darah. Dan selanjutnya, tekanan darah tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit seperti penyakit jantung dan stroke. Batasi ya konsumsi garam ini!

2. Gula

Selain garan, gula juga perlu dibatasi. Hendaknya, total gula dalam sehari tidak lebih dari 4 sendok makan. Mengkonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan banyak permasalahan namun banyak yang tidak menyadarinya. Sejatinya gula hanya memberikan kita kalori tinggi tanpa nilai gizi. Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat menyebabkan obesitas.

3.Makanan Berlemak

Tubuh memang butuh lemak, bahkan lemak merupakan bagian dari makro nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, akan tetapi jumlahnya harus dibatasi, terlebih lagi lemak jenuh. Terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar koleserol dan penumpukan lemak di pembuluh darah yang pada akhirnya dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

4.Bahan adiktif

Bahan-bahan aditif adalah bahan tambahan yang bertujuan untuk meningkatan mutu makanan baik dari citarasa, tekstur dan masa simpan makanan. Bahan ini biasanya digunakan untuk produk- produk pabrikan, dengan alasan nilai ekonomis. Bahan aditif dapat menimbulkan bahaya jika dikonsumsi secara berlebih dan terus-menerus dalam jangka yang cukup lama.

Mudah-mudahan kita dapat lebih selektif dan lebih cerdas dalam mengkonsumsi makanan, terlebih buat anak-anak kita yang masih kecil agar di masa depan lebih sehat dan lebih produktif.

Salam sehat

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *