Daftar Obat-obatan yang Perlu Ada di Setiap Rumah

  • Whatsapp
obat standar yang ada di tiap rumah
Ilustrasi (Sumber foto: pixabay.com)

Bagi ibu rumah tangga, terlebih yang mempunyai anak kecil, musti memahami kesehatan anak. Deteksi gangguan kesehatan dan pengobatan awal perlu dipahami dengan baik agar penanganan anak kita menjadi lebih baik. Kondisi seperti apa yang dapat kita tangani sendiri, kondisi seperti apa yang kita harus bawa ke dokter umum, kondisi seperti apa yang kita harus membawa ke dokter spesialis dan kondisi seperti apa yang kita harus membawa ke UGD rumah sakit.

Artikel berikut ini mengulas beberapa obat-obatan dan P3K yang musti ada di setiap rumah, sebagai pertolongan pertama ketika ada anggauta keluarga yang sakit

1. Termometer

Termometer sangat diperlukan di rumah kita. Ketika si kecil panas perlu dipantau suhunya, apakah masih kadar hangat saja atau sudah sampai panas. Dengan adanya termometer di rumah, maka langkah penanganan anak yang demam akan lebih tepat, yakni kita tahu kapan mulai si kecil perlu diberi obat penurun panas.

Peralatan kesehatan tiap rumah: Termometer
Termometer

Termometer yang di pasaran yang cukup praktis digunakan diantaranya berupa

  • Termometer digital yang cara penggunaanya pada umumnya diukur di ketiak
  • Termoteter inframerah yang cara penggunaannya tidak perlu kontak langsung dengan kulit. Termometer jenis ini lebih praktis akan tetapi harganya lebih mahal daripada termometer digital

2. Obat Penurun Panas

Obat penurun panas biasanya mengandung paracetamol atau ibuprofen. Anda dapat membeli obat penurun panas secara bebas di apotik. Penurun panas diperlukan baik bagi orang dewasa ataupun anak-anak ketika badan mengalami panas. Diantara jenis obat penurun panas seperti:

  • Penurun panas Drops, jenis ini biasanya untuk anak di bawah 1 tahun
  • Penurun panas dengan perasa. Memberikan obat ke anak kecil bukan hal yang mudah, walaupun niat kita mengobati si kecil. Pada umumnya anak kecil susah dan malas meminum obat yang kebanyakannya pahit. Anda dapat menyediakan obat penurun panas dengan rasa yang disukai anak-anak seperti Inzana, bodrexin atau yang lainnya.
  • Penurun panas dewasa. Bagi orang dewasa, rasa pahit sudah bukan menjadi kendala untuk meminum obat, oleh karena itu tidak perlu trik khusus.
    Anda dapat membeli obat penurun dengan banyak pilihan di apotik

3. Alkohol dan Antiseptik Pembersih Luka

Dunia anak adalah dunia main, sehingga kadang ada saja insiden kecil yang menyebabkan luka-luka kecil. Ketika luka, yang perlu dilakukan pertama adalah membersihkannya dengan cairan alkohol atau antiseptik pembersih luka agar tidak terjadi infeksi.

4. Probiotik untuk diare

Saat anak diare, biasanya oleh dokter disarankan untuk diberi probiotik untuk membantu pengobatan diare. Dipasaran ada beberapa merek yang umum ada di apotik seperti Lactobe dan L-Bio.

5. Madu murni

Madu banyak sekali manfaatnya, diantaranya untuk pengobatan flu dan radang ketika batuk. Madu juga dapat digunakan untuk melawan bakteri.

6. Habbatus sauda

Disebut juga dengan jinten hitam (dapat berbentuk minyak atau serbuk). Hababatus dapat meningkatkan imunitas dan membunuh bakteri.

7. Minyak Tawon

Minyak ini seperti tradisi turun-temurun yang umumnya ada di tiap rumah. Minyak tawon memiliki manfaat yang sangat banyak, seperti: menghangatkan badan, mengobati luka, mengobati gigitan nyamuk dan lain sebagainya

8. Minyak telon

Minyak yang satu ini bukan barang aneh, kebanyakan yang mempunyai anak kecil punya minyak ini. Biasanya minyak ini untuk menghangatkan badan si kecil atau dioleskan ketika perut kembung.

Demikian diantara obat-obatan yang perlu ada disetiap rumah, khususnya bagi emak-emak yang sedang mempunyai bayi/anak kecil, semoga bermanfaat

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *