Cara mengajarkan anak untuk berfikir positif dan memotivasi untuk sukses

  • Whatsapp
Ilustrasi. Sumber gambar:pixabay.com

Pernahkan Anda menjumpai orang yang seringnya berfikirian negatif, pesimis dan gampang putus asa dalam menjalani hidup ini?

Untuk mempunyai karakter yang senantiasa berfikir positif perlu pendidikan karakter yang kuat sejak kecil sehingga ketika dewasanya, berfikir positif sudah mengakar kuat dalam dirinya

Berikut ini tips untuk menumbuhkan karakter berfikit positif pada anak:

1. Ajarkanlah anak berfikir positif

Ajarkanlah anak untuk berfikir positif, dengan memulai dari diri Anda untuk berfikir positif. Misalnya, daripada Anda menegur karena dia mendapatkan nilai rendah pada mata pelajaran tertentu, hendaknya Anda mengatakan kepadanya: “Sepertinya kamu harus memberikan tambahan waktu untuk mempelajari pelajaran tersebut”

2.Ajarkan bahwa kegagalan bukan akhir segalanya

Ajarkan pula bahwa mayoritas kesuksesan yang diraih seseorang didahului dengan kegagalan terlebih dahulu. Teruslah memberikan dorongan kepada anak untuk berfikir secara positif. Jika anak gagal dalam melakukan sesuatu, maka segeralah Anda bertanya kepadanya: “Manfaat (pelajaran) apa yang kamu dapatkan dari pengalaman tersebut?”

3.Ajarkan agar impiannya menjadi kenyataan

Sungguh saat yang paling menggembirakan bagi setiap orang adalah saat impiannya menjadi sebuah kenyataan. Oleh karena itu, bantulah anak untuk memiliki impian jangka pendek seperti mengurusi aktivitas dakwah kecil-kecilan. Selanjutnya, berusahalah untuk mengubah tujuannya itu menjadi tujuan untuk jangka waktu yang lebih pendek, seperti membuat strategi (langkah-langkah) untuk aktivitas dakwah tersebut dan menentukan prioritas-prioritas dan tugas-tugas utama yang harus dilakukan.

Cobalah untuk berdiskusi dengannya mengenai persoalan-persoalan yang dihadapinya pada saat berusaha mencapai tujuan yang diinginkannya. Selanjutnya, tetaplah memberikan motivasi kepadanya jika tujuan yang diinginkannya tidak dapat terwujud sesuai dengan yang telah dijadwalkannya (diperkirakannya)

4.Bisikkanlah hal-hal positif kepada dirinya

Jika Anda ingin membuat anak Anda menjadi seorang tokoh besar, hendaknya Anda melakukan ide berikut ini: teruslah berusaha agar diri Anda selalu memberikan pendapat untuk masa depan yang cerah, tentunya dengan tetap mengarahkannya pada tujuan tersebut. Memberikan pandangan dan arahan kepada anak memiliki dampak yang mendalam bagi masa depannya.

Kita mengetahui bahwa banyak sekali ulama terdahulu dan ulama masa kini yang memiliki ibu yang sangat berperan bagi diri mereka. Contohnya, Syaikh As-Sudais, seorang Imam Masjidil Haram di kota Makkah. Dia memiliki seorang ibu yang selalu berkata kepadanya manakala dia masih kecil: “Kelak jika besar nanti kamu akan menjadi seorang imam Masjidil Haram”

Anda mungkin akan terkejut jika mengetahui bahwa Dr. Ahmad Zuwail, seorag ilmuwan Mesir yang berhasil mendapatkan nobel di bidang ilmu kimia, memiliki orang tua yang menuliskan “Dr. Ahmad Zuwail” di depan namanya pada pintu kamarnya ketika dia masih kecil.

Semoga dengan tips di atas, akan tumbuh generasi yang senantiasa berfikir positif sehingga dapat menjalani kehidupan ini dengan lebih produktif, amiin

Referensi: 100 Ide cemerlang dalam mendidik anak, Iman Al-Mahdawi

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *