Cara Membaca Kandungan Gizi (Nutrition Facts) pada Kemasan

  • Whatsapp

Pernahkah Anda berfikir ketika mengkonsumsi makanan kemasan, berapa kalori yang Anda konsumsi? Banyak diantara kita yang kurang peduli akan kandungan gizi makanan tersebut. Selain tanggal kadaluwarsa dan label halal, ada informasi yang penting untuk kita ketahui sebelum membeli makanan yaitu kandungan gizi (nutrition facts)

Fokus kita kali akan membahas pentingnya mengetahui tentang komposisi dan fakta nutrisi atau tabel gizi suatu produk makanan dan minuman yang dijual dipasaran. Mengapa? karena ini penting bagi kalian yang menjalan pola hidup sehat, supaya kita jadi pembeli yang smart

Berikut ini panduan singkat untuk memahami informasi dalam nutrion facts

1.Jumlah persajian

Satu bungkus makanan yang Anda beli seringkali tidak untuk sekali sajian (sekali habis), akan tetapi untuk dikonsumsi beberapa kali atau beberapa porsi. Misalkan dalam kemasan tertulis
Jumlah sajian perkemasan = 4, maka berarti satu kemasan dapat dikonsumsi untuk 4 kali penyajian atau 4 porsi.

Informasi ini penting, karena angka-angka dibawahnya mengacu persajian (bukan perkemasan), sehingga kita harus teliti. Selain itu, angka ini juga menunjukkan asupan wajar ketika mengkonsumsi. Jika satu kemasan tertulis untuk 4x sajian, maka hendaknya satu kemasan tersebut jangan dihabiskan sendiri dalam 1 kali sajian, misalnya:

  • Untuk minuman biasanya takaran sajinya sekian ml, misalnya susu cair takaran sajinya 250 ml, sehingga jika kemasan susu tersebut 1000 ml, maka satu kemasan susu tersebut dapat dikonsumsi sebanyak 4x (4 porsi)
  • Untuk roti yang 1 bungkus terdiri dari beberapa lembar, takaran sajinya dalam bentuk lembar. Misalnya 1 kemasan roti gandum terdiri dari 8 lembar dengan takaran sajinya 2 lembar, maka 1 kemasan roti gandum tersebut dapat dikonsumsi 4 kali sajian ( 4 porsi)

2.Energi Total

Bagi yang sedang progam diet, informasi ini sangat penting karena menunjukkan berapa kalori yang masuk ke tubuh ketika kita mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut. Semakin besar nilai kalori, maka semakin besar energi yang masuk ke tubuh yang seandainya tidak dikeluarkan dalam bentuk aktivitas fisik yang memadai, maka pada akhirnya kalori ini akan menjadi timbunan lemak.

Misalkan dalam kemasan terdapat informasi

  • Energi total 160 kkal
  • Energi dalam lemak 45 kkal

Jika Anda mengkonsumsi 1 porsi (1 sajian) maka berarti masuk ke tubuh sebanyak 160 kkal dan 45kkal berasal dari lemak.

3.Angka Kecukupan Gizi

Kandungan nutrisi dapat dilihat juga dari AKGnya. Kandungan AKG biasanya dituliskan dalam bentuk prosentase (%). Secara umum nilai AKG dibawah 5% dianggap rendah dan jika diatas 20% dianggap tinggi.

Bagi yang sedang diet, selain kandungan kalori, nilai protein juga penting untuk diperhatikan. Semakin tinggi kandungan protein dalam keamasan, secara umum lebih baik. Makanan dengan tinggi protein akan membuat rasa kenyang lebih lama (tidak cepat lapar). Selain itu, protein juga berfungsi untuk membentuk otot

4.Kandungan nutrisi yang perlu dipenuhi

Kandungan nutrisi berupa vitamin dan mineral (kalsium, zat besi, seng, magnesium, fosfor dll) diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Walaupun tergolong mikronutrien, kandungan-kandungan ini diperlukan tubuh untuk menjaga dari berbagai ancaman penyakit dan gangguan kesehatan

5.Kandungan yang perlu dibatasi

Beberapa kandungan perlu dibatasi seperti: lemak, kolesterol, garam (natrium/sodium) karena jika dikonsumsi secara berlebih dapat meningkatkan resiko serangan jantung, kanker dan tekanan darah tinggi

6.Produk mana yang dipilih?

Sebelum membeli, coba bandingkan 2 atau lebih produk sejenis yang akan Anda beli, kemudian bandingkan kandungan nutrisinya, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan cara ini, kita bisa lebih menyesuaikan makanan/minuman yang dibeli sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Semoga dengan penjelasan global ini, kita dapat lebih cerdas dalam memilih produk yang akan dibeli sehingga produk yang dibeli lebih sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh kita.

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *