Bagaimana Cara Menanamkan Keimanan pada Anak?

  • Whatsapp

Semua tentu tahu bahwasaya anak-anak dalam hal kemampuan berfikir, menganalisa dan merenungkan dalil tentu masih terbatas. Dengan kondisi seperti ini, pendekatan penguatan iman berbeda dengan orang dewasa.

Berikut ini beberapa hal yang dapat membantu penguatan keimanan anak:

1.Buatlah hati anak selalu terkait dengan Allah

Ketahuilah bahwa pahala yang paling baik, paling sempurna dan paling besar yang akan Anda peroleh adalah jika Anda mau menanamkan prinsip-prinsip tauhid dalam hati anak Anda. Prinsip-prinsip yang dimaksud antara lain:

  • Keimanan
  • Cinta kepada Allah dan Rasul-Nya
  • Taat kepada keduanya
  • Takut kepada siksaan Allah dan
  • Mengharap pahala dari-Nya

Upaya Anda akan lebih terbantu jika Anda mau mengajarkan nama-nama dan sifa-sifat Allah, serta keharusan untuk mengesakan-Nya, baik sebagai pemelihara alam semesta (tauhid rububiyah) maupun Tuhan yang berhak disembah (tauhid uluhiyah).

Kedudukan tauhid seperti kedudukan kepala dalam tubuh manusia. Sementara upaya pelaksanaan perintah-perintah agama tidak akan terwujud (dengan baik) kecuali bila tubuh seseorang telah dipenuhi oleh tauhid yang benar, terutama dalam ibadah shalat, karena ibadah shalat tersebut membutuhkan kesabaran dan keimanan yang kuat.

2.Kontrol agama

Ketika kita akan melarang suatu perbuatan, maka jangan katakan “Ini adalah aib” atau “Apa yang dikatakan orang kalau mereka mengetahui hal ini”. Sebaiknya Anda katakan kepadanya dengan tegas dan jelas “Ini halal dan itu haram”. Dengan kontrol agama ini, maka akan tertanam nilai-nilai yang akan diimplementasikan dalam keseharian walaupun tidak ada orang yang melihatnya.

3.Pengarahan untuk mengikuti Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya

Berusahalah agar pengarahan-pengarahan yang ditujukan kepada anak didasarkan pada Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya. Buatlah agar anak Anda dapat merasakan hal itu sehingga dia akan terbiasa dengan ketaatan kepada Allah dan akan selalu mengikuti Sunnah Rasul-Nya. Selanjutnya diapun akan tumbuh dewasa dalam keadaan seperti itu

4.Tanamkan rasa hormat kepada Al-Quran

Lakukan hal ini, sehingga diapun akan merasakan betapa sucinya Al-Quran dan akan melaksanakan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya. Hal ini harus Anda lakukan dengan menggunakan gaya bahasa yang mudah dan menarik. Ajarkanlah kepadanya bahwa bila dia dapat membaca Al-Quran dengan baik, maka dia akan bersama para malaikat yang mulia dan taat (pada hari kiamat nanti).

Jadikanlah agar dirinya mau membiasakan diri untuk berpegang teguh pada etika-etika dalam membaca Al-Quran, seperti membaca ta’awudz, membaca basmalah, memuliakan mushaf, mendengarkan dengan baik (ketika dibacakan Al-Quran) dan melakukan perenungan dengan baik

5.Menghidupkan bacaan Al-Quran

Berusalah agar suasana rumah Anda menjadi harum karena pengaruh ayat-ayat Allah yang selalu dibacakan di dalamnya, meskipun hanya beberapa saat saja di waktu siang. Lebih baik lagi bila bacaan Al-Quran itu dilakukan pada waktu pagi dan sebelum tidur.

6.Ajarkan dzikir dan adab

Dzikir dan adab tersebut seperti dzikir pagi dan petang, dzikir keluar dan masuk rumah, doa sebelum dan sesudah makan dan minum, adab mengunjungi orang sakit dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan karena dzikir-dzikir dan adab-adab tersebut mengandung pengaruh yang dalam terhadap perilaku dan hati sang anak.

Upaya untuk mendengar, menghafal dan mempraktekannya dapat menyebabkan terjalinnya ikatan yang kuat antara ruh sang anak dengan Allah swt sehingga ruhnya akan tumbuh dengan baik, sementara fitrah (nalurinya) akan selamat dari berbagai penyimpangan

7.Berusaha agar anak selalu berhubungan dengan para syaikh/guru

Ajaklah anak-anak untuk menghadiri kajian sehingga mereka mendapat keberhakan dari majelis ilmu tersebut. Renungkanlah keutamaan yang diraih oleh Anas bin Malik ra ketika ibunya menyuruhnya untuk membantu Rasulullah saw serta belajar dari beliau

Sumber:
Dikutip dari “100 Ide Cemerlang dalam Mendidik Anak” karya Iman Al-Mahdawi dengan sedikit perubahan redaksi

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *