5 Tips Cerdas dalam Cheat Meal Tanpa Merusak Diet

  • Whatsapp
5 Tips Cerdas Cheat Meal Tanpa Merusak Diet
Ilustrasi, sumber:pixabay/stevepb

Menjalankan pola hidup sehat dijaman sekarang memang besar tantangannya. Ragam kuliner yang sangat bervariasi serta menggiurkan. Ditambah kemudahan mendapatkan makanan dan minuman yang diidamkan semudah menjentikan jari. Tinggal klik-klik tunggu beberapa saat, taraaaa ada deh makanan yang di inginkan.

So banyak dari kalian yang biasanya susah nahan godaan untuk menolak. Hmmm.. Boleh nggak sih makan enak dan yang rada nggak sehat? Tentu saja boleh teman.

Sebetulnya jika kalian paham tentang konsep dasar diet, tentang kalori-in dan kalori-out, kalian fleksibel memilih makanan apapun dan kapanpun itu. Selama makanan itu halal tentu boleh lah dimakan. Namun tentunya kita selalu mengutamakan dan membiasakan makanan dan minuman yang thayyib alias yang baik dan sehat. Jadi kalo sesekali boleh ya kamu makan apa yang kamu mau dengan tetap “tau diri” alias tidak berlebihan.

Disebagian orang, image menjalankan pola hidup sehat itu terkesan menjenuhkan dan punya label-label nggak enak. Kaya makanan harus terus hambar, dikukus, dibakar-bakar, nggak yang manis-manis. Untuk kalian yang menjalankan pola hidup sehat atau diet terutama buat mereka yang menjalankan defisit kalori (cutting) biasanya ada hari dimana mereka boleh makan bebas apa yang mereka mau. Dan biasanya di istilahkan “cheatmeal”

Cheatmeal sendiri punya peranan penting bagi kalian yang sedang menjalankan program penurunan BB, salah satunya adalah untuk menjaga psikologis kalian biar nggak stress, nggak bosen dan juga untuk “menipu” metabolisme tubuh kalian. Karena tubuh manusia itu sangat mudah beradaptasi, jika dalam keadaan kalori defisit terus dalam jangka waktu lama maka tubuhmu akan melambatkan metabolismenya. Jadi cheat meal di anjurkan buat kalian, berkisar seminggu sekali atau per-4 hari sekali maksimalnya 2 minggu sekali.

Eit tapiii ingat ya cheat meal teman bukan cheat day. Lho Apa beda ya? Ya beda, cheatmeal kamu hanya memilih satu makanan di satu hari dengan tetap memperhatikan total kalori. Kalo cheat day. Kamu seharian makan bebas bukan hanya satu makanan saja. Ini bisa berimbas ke kalori defisit yang kamu jalankan dalam jangka seminggu. Ujung-ujungnya kamu tidak dalam kondisi defisit, akhirnya BB kamu segitu-gitu saja atau malah bisa nambah BB kamu. Ibarat pepatah “Kemarau setahun dihapuskan dengan hujan sehari”

Berikut ini beberapa tips untuk melakukan cheatmeal yang aman dan bisa bikin kamu tetap happy, lebih-lebih buat kamu yang lagi traveling ya. Duuuh pasti sayangkan ga kulineran.

1.Menaksir kalori makan yang akan disantap

Sebelum kamu makan, sebaiknya mengetahui taksiran kalori makanan yang akan kamu makan, jika tidak terdapat nutrition factnya, kamu tinggal cari di google taksiran kalorinya. Hal ini membantumu untuk tetap on the track pada total kebutuhan harianmu.

2.Memasak makanan sendiri

Kamu bikin makanan yang kamu idamkan, trus kamu bisa cari alternatif yang lebih sehat jika makanan yang kamu inginkan bukanlah makanan sehat. Kamu juga bisa mengontrol garam dan gula pada masakanmu. Karena biasanya makanan diluar lebih tinggi kadar sodium dan gula. Karena kita tidak tau kan proses pembuatan suatu makanan agar menjadi sangat lezat. Kemungkinan besar pasti banyak memasukan bahan-bahan yang bisa bikin kalori makanan menjadi tinggi

3.Pisahkan saus dan jangan minum kuahnya

Jika kamu makanan yang mengandung saus dan berkuah apalagi berlemak tinggi maka usahakan kamu cuma icip-icip saja. Karena saus dan kuah makanan itu kebanyakan menjadikan kalori makananmu tinggi dan juga tinggi sodium

4.Utamakan yang berprotein tinggi

Jika kamu dihadapkan dengan berbagai macam makanan ada baiknya kamu pilih yang berprotein tinggi bukan yang gulanya tinggi. Misalnya dihadapan kamu ada cheese cake, ice cream dan baso. Maka baiknya kamu pilih baso.

5.Makan secara bersama-sama

Saat kamu ingin makan dengan banyak variasi makanan. Maka tipsnya makanlah makanan tersebut bareng-bareng dengan teman atau anak dan pasangan pada satu porsi. Misalnya semangkuk baso taksiran kalorinya 350. Jika kamu makan ber-3, maka kalori yang kamu dapat tentu hanya sepertiganya. Semakin banyak orang yang ikut nyicip semakin sedikit kalori yang kamu masukan. Dengan cara seperti ini, kamu dapat menikmati makanan sesuai selera akan tetapi tetap terkontrol kalorinya

Demikian 5 tips agar cheat-meal Anda tidak merusak program diet, semoga bermanfaat.

Salam sehat…

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *