4 Unsur yang Harus Diketahui Agar Diet Anda Sukses

  • Whatsapp
Empat unsur yang harus ketahui agar diet Anda sukses
Ilustrasi (Sumber gambar: pixabay.com)

Mempunyai tubuh ideal merupakan impian semua orang, yang kurus ingin lebih berisi, sementara yang gemuk ingin lebih kurus. Untuk dapat sukses melakukan diet, hal yang paling penting adalah ilmu dan konsistensi. Ilmu tentang nutrisi dan olahraga, kemudian konsisten diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Diantara ilmu tentang nutrisi yang harus dipahami dengan baik diet Anda berhasil adalah memahami 4 unsur berikut ini:

1. Makan dengan memilih sumber makanan yang tepat
2. Makan dengan memilih bentuk penyajian yang tepat
3. Makan dengan dosis yang tepat
4. Makan dengan jadwal yang tepat

Memilih sumber yang tepat

Tahukan anda bahwa sumber makanan yang dibutuhkan tubuh kita dibagi menjadi 2 bagian: makro nutrien dan mikro nutrien:

Makro nutrien

Makro nutrien terdiri dari 3: Karbohidrat, protein dan lemak baik.

Karbohidrat yang baik adalah karbohidrat komplek (yang lama dicerna) sehingga makanan yang Anda konsumsi dapat menahan lapar lebih lama. Contoh karbohidat komplek terdapat pada:  Nasi merah, Oatmeal, Umbi-umbian, pasta, gandum dan yang semisalnya

Protein sendiri terdiri dari 2 jenis, hewani dan nabati. Untuk hewani bisa dari daging putih (unggas dan ikan), daging merah, susu dan produk olahannya. Sementara protein nabati bisa dari kacang-kacangan-kacangan.

Lemak baik dapat berasal dari kacang-kacangan, minyak

Mikronutrien

Sementara Mikro nutrien terdiri dari vitamin dan mineral yg dibutuhkan tubuh bersumber dari sayuran dan buah-buah.

Jadi diet yg baik adalah diet tidak menghilangkan unsur unsur di atas, karena seluruh nutrian baik yang makro maupun yanng mikro sama-sama dibutuhkan oleh tubuh,

Memilih bentuk penyajian yang tepat

Mengapa ini penting menjadi perhatian? karena dengan penyajian yang tidak tepat makanan yg sumbernya tepat (poin pertama) bisa menyebabkan dosis makanan naik berkali-kali lipat nilai kalorinya walaupun dengan takaran yang sama.

Sebagai contoh: Kentang segenggam tangan ketika kita sajikan dalam bentuk rebusan maka kandungan kalorinya kurang lebih 100 kalori, namun jika kita sajikan dalam bentuk kentang goreng maka kalorinya akan menjadi 250, terlebih lagi jika disajikan dalam bentuk kripik maka kalorinya bisa menjadi 500 kalori. Luar biasa kan?

Dosis atau takaran yang tepat

Berapa dosis atau takaran makanan yang dibutuhkan tubuh? Tiap tubuh berbeda-beda tergantung umur, jenis kelamin, dan kegiatannya. Dalam ilmu gizi kita akan mengenal istilah TDEE (Total Daily Energy Expenditure), yakni total kalori yang dikeluarkan oleh tubuh dalam menjalankan aktivitasnya.

Sehingga TDEE diklasifikasinya menjadi 3, tergantung kebutuhannya:

  • Defisit untuk yang ingin menurunkan berat badan
  • Maintenance untuk yang sudah ideal
  • Surplus untuk yang ingin menaikan berat badan

Setelah mengetahui total kebutuhan harian kita, maka kita bisa mengukur berapa dosis makanan dan minuman yang akan masuk ke tubuh kita, sehingga kita harus mengetahui jumlah kalori yang terkandung dalam tiap makanan dan minum yang kita konsumsi.

Di sinilah diperlukan sedikit pengetahuan tentang nutrisi sehingga kita tidak salah dalam mengestimasi jumlah kalori asupan kita. Jangan sampai Anda merasa sudah makan sedikit tapi ternyata kandungan kalorinya jauh melebihi kebutuhan tubuh kita, alhasil badan kita tidak kunjung turun.

Dengan pengetahuan tadi, maka kita mampu memilah-milah makanan mana yang rendah kalori tapi bergizi tinggi, sehingga tubuh kita tetap merasa tercukupi – tidak kelaparan tetapi dengan kandungan kalori yang tidak berlebih, tentunya dengan tetap mengkonsumsi makro dan mikro nutrian secara lengkap.

Jadwal yang tepat

Masalah jadwal disini adalah timing yang tepat kapan kita baiknya untuk makan. Jadwal terbaik untuk makan adalah makanlah saat lapar (jangan terlewat sampai sangat lapar) dan berhenti sebelum keyang. Mengapa makan ketika kita terlalu lapar kurang bagus? Karena ketika kita sudah sangat lapar, biasanya kita sudah tidak memperhitungkan lagi jumlah kalori yang akan dikonsumsi, yang penting rasa laparnya segera hilang.

Adapun untuk yang suka makan, maka harus dikendalikan, kita harus bedakan antara rasa lapar dan nafsu makan. Tips mudahnya: Jika kamu merasa lapar maka minum air terlebih dahulu sekitar 1 gelas atau 2 gelas, jika itu tidak menghilangkan keinginanmu untuk menyantap makanan maka saat itu kamu boleh makan.

Dan jangan lupakan olah-raga, walaupun persentasenya tidak sebesar mengatur pola makanmu tapi olah-raga punya peran penting dalam mempengaruhi ideal/tidaknya tubuh Anda.

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *