4 Hal yang Perlu Dihindari dalam Menulis Biodata Ta’aruf

  • Whatsapp
Ilustrasi (Sumber foto:pixabay.com)

Seringkali ketika akan ta’aruf, kedua calon pasangan akan bertukar biodata. Disini diperlukan cara menulis biodata yang baik agar langkah Anda tidak kandas di awal babak.

Memang biodata ini bukan hal wajib, jika calon incaran Anda masih dalam 1 RW apalagi 1 RT tentu biodata-biodata semacam ini mungkin tidak diperlukan. Akan tetapi jika calon incaran Anda beda wilayah dan Anda tidak mengenalnya secara langsung, maka biodata ini dapat digunakan sebagai informasi awal perihal calon pasangan Anda.

Berikut ini hal-hal yang perlu dihindari dalam menuliskan biodata agar langkah Anda tidak kandas di babak awal.

1.Dipoles dan bergaya tinggi

Tulis biodata apa adanya, tidak perlu dipoles sehingga terlihat lebih naik kelas. Secara umum orang akan “ilfil” dengan gaya orang yang merasa hebat, menonjolkan kelebihan, kesuksesan dan keistimewaanya, lebih parah lagi jika yang ditonjolkan adalah bukan prestasi Anda, akan tetapi prestasi orang lain, orang tua Anda misalnya.

Oleh karena itu sebaiknya dalam menuliskan biodata dengan gaya yang rendah hati, low profile. Jangan sampai calon incaran Anda justru malah balik kanan ketika membaca biodata yang ditulis dengan bahasa yang ‘tinggi’.

2.Kriteria jangan yang sulit diukur

Misalkan Anda menuliskan kriteria calon “berwajah rupawan”. Kreteria seperti ini kan relatif, bisa jadi menurut si-A rupawan, tetapi menurut si-B biasa saja. Oleh karena itu, hal-hal yang dimuat dalam biodata hendaknya hal-hal yang terukur, misalnya Anda mengharapkan calon pasangan Anda mempunyai tinggi badan minimal 160 cm. Kriteria tinggi badan lebih jelas dan terukur daripada wajah rupawan.

Hal-hal yang sulit diukur dan sifatnya relatif bisa Anda nilai sendiri, misalnya saat nadzor (melihat calon pasangan) atau menggali informasi dari pihak ke-3 atau perantara.

Dalam hal rupawan, setiap orang yang normal pasti menginginkan pasangan yang rupawan, oleh karena itu menurut hemat kami, hal-hal seperti itu tidak perlu dituliskan. Bagaimana jika calon incaran Anda sebetulnya rupawan di mata Anda, akan tetapi karena dia low profile dan rendah hati, ketika membaca biodata Anda tertulis disitu bahwa Anda mengharapkan pasangannya rupawan, akhirnya dia merasa bahwa dirinya tidak masuk kriteria Anda dan akhirnya dia balik kanan dan mundur alon-alon.

Contoh lain yang menurut kami kurang pas misalnya kriteria badan tegap berisi, badan sintal dan yang semisalnya. Anda tidak perlu mencamtumkan hal-hal seperti ini, cukup Anda hitung index BMI dari tinggi dan berat badannya, nanti Anda dapat estimasi kira-kira calon pasangan Anda massa ototnya berapa persen dan diketahui calon pasangan Anda kategori yang mana, apakah kurus, ideal, overweight atau obesitas

3.Kriteria jangan yang mengandung penyucian diri

Misalnya Anda tuliskan, mengharapkan calon yang shalih/shalihah. Orang yang shalih/shalihah beneran justru tidak berani mengkategorikan dirinya sebagai orang shalih/shalihah, tidak menutup kemungkinan akhirnya calon incaran Anda justru akan balik kanan dan mundur alon-alon.

Contoh sejenis misalnya kriteria calon yang diharapkan mempunyai sifat jujur, baik hati dan pemurah.

4.Menuntut kriteria terlalu sempurna dan detail

Anda ingin kriteria calon Anda dari A sampai Z itu hak Anda, tapi kalau Anda bukan anak sultan, hafidz/hafidzah, ber-IQ jenius, fisik seperti model dan seterusnya,… ada baiknya Anda mempertimbangkan saran kami, “Jangan menulis kriteria yang diharapkan terlalu sempurna dan detail”, cukup bagi Anda menuliskan kriteria wajar dan pokok-pokok.

Misalnya Anda mengharapkan calon Anda berpendidikan sarjana, Anda tidak perlu menuliskan dengan disertai IPK di atas 3,25. Hindari menuliskan kriteria yang terlalu sempurna dan detail.

Sebagai penutup, bahwasanya kita tidak mungkin akan mendapatkan gambaran 100% dari calon pasangan Anda. Oleh karena itu, selain usaha dzahir, Anda juga harus menguatkan doa agar diberi pasangan hidup yang akan lebih banyak membawa kebaikan bagi dunia dan akhirat Anda.

  • Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *